Kan Kerja? Kok Nekad HS?

Unknown | Friday, May 17, 2013 | | |
Bismillaah

Yak, bener 100 persen. Menurutku, orang tua yang bekerja, tapi memilih homeschooling buat anak-anaknya itu NEKAD. Kurang kerjaan dan gak mikir panjang. Abis kerja kan capek, belum lagi ngurusin anak yang lebih dari satu, belum lagi ngurusin perintilan rumah yang ga ada habis-habisnya, mana ga punya asisten rumah tangga lagi, belum lagi mikirin materi belajar anaknya, belum lagi mengontrol emosi sampai tingkat dewa. #eeehh, ini lagi nyeritain diri sendiri ya?hmmmm...# Jadi kesimpulanku, yang nekad hs sambil bekerja itu kalo gak super duper hebat pasti karena agak gila. Dan karena sadar bahwa diri bukan yang pertama, aku otomatis adalah yang kedua. #yaaaah, jadi ngaku deh.

Homeschooling dan bekerja itu asli capek. Meletihkan sekali. Pulang kerja harusnya istirahat atau mau beres-beres, harus rela dan siap diintilin sama berjejer pertanyaan yang harus direspon, karena sudah dipendam beberapa jam selama mamanya ngantor, mumpung mamanya sudah di rumah. Belum lagi capek-capek dari kantor, langsung disuguhi adegan berantem ala kakak adik yang tak jarang juga mendidihkan darah si mama. Sambil beres-beres rumah pun, tak jarang kepala diberatkan dengan pikiran 'anakku sudah belajar apa?' 'besok harus ngapain ya?' 'duh, ni anak dikasih materi apalagi?' 'ni anak-anak kenapa ga nurut sama mamanya sih?' dll dsb dsk dst...lanjutin sendiri deh #lhaaa...malah nyuruh-nyuruh#.

Bukan tidak pernah menyekolahkan Aqeela, si sulung yang sekarang umurnya 6 tahun lebih. Karena kawatir dengan 'gimana ni sosialisasi anakku?', Aqeela pernah didaftarkan ke PAUD dekat rumah, yang hasilnya adalah, anaknya gak mau masuk dan belajar, kecuali mamanya ikut masuk dan duduk di sampingnya. Pernah dicoba ditinggalin saja, biarin deh nangis, ntar juga berhenti sendiri, nanti lama-lama juga betah di sekolah. Lhaaa...kalo sampai berminggu-minggu tetap begitu, aku gak bisa ngantor dong? Lhaaa...kalo sampai berminggu-minggu tetap nangis, mogok sekolah tanpa mama, nelangsa amat ya nuntut ilmu itu. Keputusannya: gak usah sekolah deh, gak tega liat yang nangis-nangis hanya karena mau belajar.

Menjelang Aqeela 6 tahun, diputuskan untuk mendaftarkan Aqeela ke SD Islam terdekat. Kejadiaan yang bersama terulang, mogok gak mau belajar dan gak mau ditinggal. Kalo PAUD kemaren, masih bisalah ijin ke kantor sampai jam 11, trus masuk lagi. Lha ini SD-nya full-day sampai jam 4. Kapan ngantornya? Keputusannya: ya sudahlah, HS saja. Capek dan sayang uangnya. #pelitnya keluar deh hihihi#

Jadi buatku, HS menjadi pilihan wajib, karena anaknya mau. Jadi ya mau gak mau, ya harus mau HS. Tapi, jauh di lubuk sebenarnya, aku jatuh cinta setengah mati sama HS. Ide bahwa belajar itu harusnya menyenangkan dan belajar karena senang, sungguh membiusku #halah#. Walau capek, walau rumah gak pernah rapi, walau esmosi tingkat tinggi, tapi berharga sekali untuk dijalani.

Dengan HS, aku jadi belajar karakter masing-masing anakku dengan lebih detail. Belajar membaca kelebihan dan kekurangannya. Belajar mengasah kelebihannya dan meminimalisir kekurangannya. Aku belajar bahwa bonding-ku dengan anak-anak sangat penting untuk dijaga dan mengelola emosi menjadi bagian penting HS kami. Aku belajar bahwa team work akan mengurangi bebanku dan tugasku sekarang adalah mendelegasikan beban-bebanku itu pada team-mates-ku, yaitu anak-anak. Dan semua itu butuh proses. Butuh waktu, energi serta kesungguhan dalam prosesnya. Dan proses itu aku nikmati pasang surutnya.

Jadi, walau nanti si adik, Khaira (aka Kei) yang lebih easy-going sampai masanya sekolah, aku tetap memilih HS. Walau nanti Farras ternyata tidak masalah dengan sekolah, aku juga akan tetap menyebarkan virus HS buat anak-anakku #hihihi# bahwa 'belajar itu menyenangkan' dan 'belajarlah sesuatu yang kau senangi' karena belajar itu wajib, belajar itu sepanjang hayat.

Jadi nekad HS dan bekerja, ya nekad aja. Allah yang memampukan ^_^

27 comments:

  1. Replies
    1. Hihihi...makasih dah baca ya Pak #btw,sejak kapan aku jadi mbak-mu hihihi

      Delete
    2. lebih tua ini...hekhekhek... :P
      emang ga pernah capek lah mbak satu ini dari dulu.. :D

      Delete
  2. Subhanallah Mbak Ophie. Nekad yang mengagumkan dan perlu ditularkan.. ^.^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe...nekad karena terpaksa Mba Reni. Bisa karena biasa ^_^

      Delete
  3. keren banget, mbak. Tularkan dong. saya juga pengen HS tapi saya kerja. masih agak bingung ngatur waktunya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih Mba Liez ^_^
      Aku juga masih gagap soal bagi waktunya Mba. Tapi tetap melangkah aja. Sama-sama belajar dan sharing ya Mba.

      Delete
  4. Replies
    1. Hehehe...yang hebat itu Allah, Mba Vivin, karena memampukanku sampai detik ini.

      Delete
  5. salam kenal ya mba..keren skali.sangat terinspirasi.ditunggu cerita selanjutnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal kembali Mba Dayu.Terima kasih sudah berkunjung.Nantikan cerita kami selanjutnya #eeehhh,kok kayak iklan hehehe#

      Delete
  6. salam kenal mbak....
    lha kalau kerja, gak ada asisten keluarga trus anak2 dirumah ma siapa mbak? anakku juga 3 (6, 4 dan 3 tahun)di TPA sampai sore kecuali yang SD, diriku kerja juga, gak ada asisten juga, sampai rumah pasti langsung KO :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal Mba Mutiara.
      Alhamdulillah kedua orang tuaku masih sehat, jadi selama aku kerja, anak-anak sama mama papaku.Sampai rumah pasti juga tepar, mandiin, nyuapin dll hehehe

      Delete
    2. la itu mama papa nya mba berarti setuju dg HS dunk..gmana ceritanya? apa ga ditanyain macem2? bagi2 lagi dunk sharenya berikut tips and triknya buat meluluhkan hati ortu buat dukung HS...hihi.. :))

      Delete
  7. pencerahan buat sayaaah! makasih Buu :)

    ReplyDelete
  8. Keren, be tough mba ophie :) keep fight!! hehe...

    ReplyDelete
  9. Thank you Ami :)
    Berjuang sama-sama yaaa ^_^

    ReplyDelete
  10. Alhamdulillah, Papa Mamaku sudah mulai tidak keberatan Mba Puji. Untukku prosesnya 'agak mudah' karena memang anaknya yang gak mau, jadi ya mau gimana lagi :)
    Semangat ya Mba.

    ReplyDelete
  11. TFS mbak... salam kenal. saya juga ngantor dan lagi cari testimoni para homeschooler yg kerja kantoran krn deep down inside pengen bgt anakku HS

    ReplyDelete
  12. Assalamualaikum...HS meski bekerja? Hebat banget mba...sungguh.
    Dari dulu ingin bisa HS tapi saya mesti kerja...dan karna saya orangnya tipe 'berantakan' tidak bisa ngatur waktu akhirnya anak tetap sekolah konvensional.
    Pengeeeeen banget bisa HS seperti mba...harus punya komitmen besar ya mba....
    Berharap punya keberanian besar seperti mba...

    ReplyDelete
  13. Salam kenal kembali Mbakje. Semoga dimudahkan untuk HS anak-anaknya ya Mba :)

    ReplyDelete
  14. Wa'alaikumussalam Mba Diah.
    Aduh, sama kok, aku juga berantakan banget hehehe. Semoga dimudahkan ya Mba :)

    ReplyDelete
  15. Assalamu'alaikum...
    hebat mbak novi bisa HS sambil kerja....
    anak2ku HS juga tapi pake guru di rumah karena saya juga masih kerja...#biaya ndatangkan guru mahaal, hiks...
    jadi anak2 mbak belajarnya sore ya? atau sampai malam gitu? boleh tuh dicoba...mbak punya asisten RT juga ya, jadi kalo pagi anak2 dikasih materi dan belajar/bermain sendiri2 gitu kah?

    gak kebayang gimana repotnya...hehe...
    tapi ntar bisa nyontek nih, gaya belajar HS mbak...thanks for sharing...

    ReplyDelete
  16. Wa'alaikumussalam Mba Sri Wardhani.
    Anak-anakku gak pake guru, belajarnya kalo Mama pulang kantor atau via internet. Kami berlangganan beberapa materi online. Aku punya kesempatan pulang siang hari, jadi dipake juga untuk mengecek atau sekadar mengerjakan worksheet. Anak-anak belajarnya banyakan pake worksheet, memang agak drilling jadinya. Tapi, that's the best we can do hehehe.

    Kalo aku ngantor, anak-anak sama nenek atoknya. Tidak ada kegiatan dan aktifitas khusus. Terserah mereka saja. Kebanyakan sih main.

    Di rumah gak punya ART juga, jadi semua borongan hehehe. Akibatnya, kalo mamanya sibuk, ya semua target dilepas dulu, kami bersantai sejenak :)

    ReplyDelete