AHA Moment

Unknown | Thursday, May 16, 2013 | |
Bismillaah

Memanfaatkan 'aha moment' dalam belajar bersama anak, menurutku sangat penting. Pada saat itu,anak berada dalam fase 'on' untuk menerima dan menyerap informasi yang ingin diketahuinya. Semua panca inderanya siap menerima dan mengolah informasi yang dibutuhkannya. Apakah kemudian informasi itu menjadi ingatan tetapnya atau tidak, kembali lagi pada proses penyaringan informasi tersebut oleh si anak. Yang penting memanfaatkan 'aha moment' dengan sebaik-baiknya, sebagai sarana menyediakan bahan bakar untuk proses pemikirannya.

AHA moment belajar Aqeela dan Kei biasanya ditandai dengan diajukannya berbagai pertanyaan. Dalam banyak kesempatan, terkadang moment ini terlewat begitu saja, dikarenakan kesibukan harus mengejar jam kantor, sedang mengurusi Farras yang masih bayi atau sedang mengerjakan pekerjaan rumah tangga, maklum gak punya asisten hehehe. Tapi dalam beberapa kesempatan, alhamdulillaah, masih bisa merespon dengan baik 'aha moment'nya Aqeela dan Kei.

Misalnya beberapa hari yang lalu, menjelang menit-menit berangkat ngantor, Aqeela bertanya: 'Mama, dolphin itu beda-beda ya?' Seperti ada 'tring' di kepalaku dan spontan menjawab: 'Yuk,kita ke google', ya mumpung komputer juga sudah nyala. Tinggal mengetik kata 'dolphin' dan memilih website yang pas. Hari itu Aqeela belajar dolphin di sini dan di sini. Setelah membuka kedua website tersebut, aku tinggal ngantor deh. Aqeela belajar sendiri yaa.

Hari ini pertanyaannya adalah 'Mama, Nabi dan Rasul itu banyak ya'. AHA, another aha moment, pikirku. Maka hari ini kami belajar Nabi dan Rasul via youtube di sini, di sini, di sini, di sini dan akhirnya bernyanyi 25 nama Nabi dan Rasul.

Entah apalagi pertanyaan yang akan dilontarkan anak-anak nantinya. Tak perlu juga aku harus tau semua jawaban atas pertanyaan mereka. Kesediaanku belajar dan bermain bersama merekalah yang terpenting. Memanfaatkan segala 'aha-aha moment' mereka. Terus menyediakan 'bahan bakar' untuk segala pertanyaan-pertanyaan bagi benak-benak kecil mereka.

Semoga Allah memampukan aku mendampingi anak-anak belajar sepanjang waktu dengan kesabaran...Aamiin.

4 comments:

  1. good job ummu AKF , spirit *lovehug*

    ReplyDelete
  2. Enaknya HS itu salah satunya adalah kita bisa belajar lewat berbagai media ya mbak :), tidak monoton, bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan bisa kapan saja :). Thanks sharingnya mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Riris, belajar sesukanya dan belajar karena suka ya ^_^

      Delete