All About Free Math Curriculum

Unknown | Sunday, September 15, 2013 | | | |
Bismillah



Kalau berkaca pada beberapa tahun belakang ini, ternyata aku memang sangat-sangat hobi browsing materi-materi belajar anak-anak. Bookmark online dan history internet browser penuh dengan beragam link-link materi belajar yang sempat dicoba atau bahkan hanya sekedar diintip dan ditandai. Salah satunya: matematika. Ini beberapa catatanku tentang beberapa website penyedia kurikulum matematika gratis yang materinya bisa diakses sepuasnya.

Mathematics Enhancement Programme (MEP) dari Centre of Innovation in Mathematics Teaching
MEP ini juga direkomendasikan oleh Metode Charlotte Mason. Di sini dipandu lengkap dengan kurikulum matematika dari Primary (Year 0 atau R (Reception) sampai Year 6) dan Secondary (Stage 3 sampai Advanced). Masing-masing materi ada copymaster (silabus), lesson plan dan practice book-nya. Tinggal klik di bagian yang sesuai dengan kebutuhan kita.

Kurikulum Matematika dari Public Schools of North Carolina. Materinya dari grade K sampai grade 12. Materinya dilengkapi dengan materi dari minggu ke minggu, kecuali untuk materi grade 9-12 yang hanya berisi panduan kurikulumnya saja. Materi-materi dari Public Schools of North Carolina ini sudah disesuaikan dengan Common Core State Standard Initiative.

Kurikulum Matematika dari New South Wales Departement of Education and Communities. Di sini bisa didonlot panduan kurikulumnya dan rincian materi yang akan dibahas tiap-tiap grade-nya, dari grade K sampai grade 10. Jadi soal yang dibahas untuk masing-masing keluarga bisa disesuaikan.

Comprehensive School Mathematics Program yang berisi materi dari grade K sampai grade 6. Materinya dilengkapi dengan lesson files dan workbook.

Free Math Program yang berisi materi dari grade 1 sampai grade 5. Tinggal klik 'Begin Free Math', kita bisa mengakses seluruh materi yang disediakan.

Flex Math dari CK-12 Foundation. Di sini, materinya dibagi atas 3 subjek: algebra, geometry dan mental math, tetapi materinya lebih banyak untuk grade 6 ke atas.. Di CK-12 Foundation juga ada buku-buku yang bisa didonlot, tapi sebagian besar untuk grade 6 ke atas.

Bagi yang lebih suka belajar dengan video, bisa dicoba materi-materi matematika di Khan Academy.

Ada banyak sekali materi matematika yang bisa diakses dengan mudah. Ini hanya sebagian saja yang sempat aku kumpulkan dalam perjalanan homeschooling kami. Dan tidak menutup kemungkinan daftarnya akan terus bertambah panjang. Jadi, walaupun belajar mandiri, materinya tidak akan ketinggalan dengan mereka yang belajar di bangku sekolah. Tinggal memilah dan memilih yang mana paling sesuai dan disukai.

-- Allah Yang Memampukan -- 

*pic by http://infactcollaborative.com/wp-content/uploads/2012/06/Math-facts-i-love-math.jpg

7 comments:

  1. Thanks for sharing. Apa boleh saya link ke website saya dengan terjemahan? Pasti bisa berguna untuk orang banyak.

    ReplyDelete
  2. Silahkan Mba Adelien. Terima kasih sudah singgah.

    ReplyDelete
  3. salam kenal mb opie..
    sy tertarik dgn HS, anak ptama saya skrg berusia 4,5th (perempuan).
    kebingungan yg muncul adalah: dari mana memulainy?
    tema apa yg pas utk usia itu?

    duh mb opie, klo mb opie bilang ga ada kurikulum, bgmn bisa??
    lah wong bacaanny inggris semua gitu.. #gubrak (hahaha, curcol)

    makasih sharingny, sepertiny sblm memulai HS, emak2ny ini harus banyak baca sana-sini y? :)

    ReplyDelete
  4. Salam kenal mba Nur Komala Sari. Untuk mulai HS bisa dari keseharian Mba, dengan melibatkan anak-anak di setiap kegiatan kita di rumah. Gak usah terlalu pusing mikirin kurikulum dll dulu, bersantai dulu saja sejenak. Rumuskan kembali, Mba dan keluarga maunya pendidikan anak-anak itu seperti apa, tujuannya apa.
    Memang gak pake patokan kurikulum apa-apa sementara ini mba. Anak-anakku belajar matematika, bahasa inggris dan lain-lain masih santai-santai aja. Gak harus ngikut salah satu kurikulum juga. Awal-awal HS memang bingung soal kurikulum ya hehehe. Setelah nyemplung, jadi tau bahwa kurikulum itu hanyalah 'alat bantu' saja. Jadi misal untuk matematika, tinggal liat sebenarnya ketrampilan yang harus dikuasai untuk grade tertentu itu apa saja, trus belajarnya terserah saja mau pake metode apa, kurikulum apa. Semoga ga tambah bingung ya mba hehehe.
    Iya, sebelum HS mesti rajin-rajin baca-baca, tapi ga mutlak juga. Kalo dari pengalamanku, melepas bahwa ga ada yang 'harus' di HS, itu yang lebih berat sih :)

    ReplyDelete
  5. assalamu'alaikum wr wb. mb salam kenal, saya dari makassar sedang meng-HS 2 putra saya 8 dan 6 tahun sambil mengasuh bayi satu bulan. sy agak kaku dengan kurikulum diknas krn target ujian penyetaraan padahal nggak harus begitu kan? sy pake BSE diknas tapi agak membosankan bagi anak2, akhirnya saya lihat saja targetnya dan carikan materi2 lain yg menarik. alhamdulillah ketemu blog mb, sangat membantu. tapi saya mau sharing tentang UNPK, apakah syarat untuk ikut UNPK harus daftar di PKBM dan harus punya raport? mohon infonya mb email saya syifaiyah@gmail.com. jazakillah khairan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumussalam warahmatullahi wabarakatu.
      Salam kenal Mba.

      Delete
  6. Thanks for sharing.
    http://bit.ly/2EmXnmM

    ReplyDelete