Gudang Materi Homeschooling Kami

Unknown | Saturday, August 24, 2013 |
Bismillah

Melihat ke belakang, ke awal-awal tahun kami memulai homeschooling, kebingungan yang paling sering meresahkan hati adalah: 'Mau pake kurikulum apa?', 'Mau pake bahan ajar dari mana, yang bagaimana?'. Keresahan ini membuatku paling sering bertahan di depan komputer, mencari dan terus menggali materi-materi untuk homeschooling. Materi-materi yang dicari tentunya adalah materi-materi yang bisa didapatkan secara gratis. Tapi karena keterbatasan waktu untuk merangkum seluruh materi-materi yang sudah didapat, akhirnya aku mulai melirik materi-materi yang sudah tersusun dan terorganisir, siap tinggal dipakai. Dan materi-materi seperti ini, biasanya tidak gratis, alias berbayar.

Setelah uji coba sana sini, aku jatuh cinta pada buku-buku Evan-Moor.  Tapi, subhanallah, harganya lumayan berat juga di kantong. Tapi menurut Lala, ada cara yang lebih murah untuk mendapatkan buku-buku Evan-Moor tersebut, yaitu via Teacher File Box. Jika via Evan-Moor, kita membeli buku per buku yang kita butuhkan, maka di Teacher File Box (TFB), kita berlangganan untuk mendapatkan akses ke berbagai buku keluaran Evan-Moor. Buku-buku yang ingin diakses pun bisa dicetak dan dipakai kapan saja. Selain itu juga, buku-buku tersebut bisa ditambahkan di Lesson Plan yang ada di akun kita. File-file yang ada di TFB bisa diakses per grade, dari grade pre-k sampai grade 6. Materinya juga sangat beragam, antara lain: Arts and Crafts, Language Arts, Literature, Math, Reading dan Writing. Kita bisa puas browsing semua materi yang ada.

Untuk berlangganan juga cukup mudah. Cukup klik di sini dan ikuti semua petunjuk yang ada. Ada dua pilihan berlangganan: bulanan seharga $12,99/bulan dan tahunan seharga $99,9/tahun. Mahal memang, tapi menurutku itu harga yang pantas, karena secara keseluruhan, materi di TFB sangat-sangat memuaskan. Untuk keluarga homeschooling dengan satu anak, mungkin terasa agak berat. Tapi untukku, ber-hs dengan 3 anak, bermodalkan $99,9 setahun, itu sungguh penghematan besar. Ditambah lagi, aku hanya membayar $70 setahun dan bukan $99,9. Lebih hemat lagi kan? (Cara mendapatkan diskon TFB-nya dibahas di postingan selanjutnya ya.)

Jadi sekarang, kegundahan untuk materi belajar anak-anak sudah jauh berkurang. Walau kendala belajarnya tetap saja ada: mamanya yang kurang konsisten, anaknya yang bosen dan lain-lain. Tapi setidaknya, aku sudah punya gudang materi ber-hs yang siap dibuka kapan saja, tinggal pilah-pilih sesukanya.

6 comments:

  1. Mbak Ophie. Kalau saya lihat materi materinya kebanyakan dalam bahasa Inggris ya. Artinya Ibu nya harus udah pinter bahasa Inggris duluan ya ^.^

    ReplyDelete
  2. Iya Mba Reni, materinya berbahasa Inggris. Belum nemu yang berbahasa Indonesia, kecuali yang dari Kemendiknas dan bentuknya seperti buku pelajaran sekolah pada umumnya. Bedanya hanya buku-bukunya bisa didonlot dan diprint gratis.
    Linknya ini http://bse.kemdikbud.go.id/

    ReplyDelete
  3. Mbak punten, untuk dpet disc nya caranya gmn ya? :) Makasii ya mbak..

    ReplyDelete
  4. Cara dapat diskonnya, aku tulis di sini Mba Nayla
    http://homeschoolingpekanbaru.blogspot.com/2013/09/homeschool-buyers-co-op-its-all-about.html

    ReplyDelete
  5. Terima kasih sudah sharing mengenai homeshooling ini ya, Mbak Novi,
    Saya sedang kontempelasi untuk homescholing anak yang saat ini kelas 1 SD..
    Baca-baca tulisan Mabk jadi ada gambaran mengenai HS ini..
    Beberapa hal yang saya masih kurang ngerti:
    1. Ijazah nya nanti akan dikeluarkan oleh lembaga apa ya?
    2. lembaga ini yang nanti akan memberikan ujian akhir (per tahun? atau hanya diakhir tingkatan SD/SMP/SMA?
    3. Diakui untuk universitas Indonesia dan/atau internasional?
    Thanks again,
    Salam,

    ReplyDelete